Rabu, 12 Agustus 2015

Rasanya Menjadi Seorang Blogger

Saya mengenal blogger waktu masih kuliah, itupun saja saya hanya iseng-iseng menuliskan sesuatu seperti curahan hati ataupun mengumpulkan informasi-informasi yang menarik untuk dipublish di blog saya. Blog pertama saya bertema Kpop yang membahas tentang idola-idola saya saat itu yaitu Lee Min Ho dan Jang Geun Suk. Ada juga blog yang membahas tentang Jepang dan lain-lain.

Blogger Newbie
Sebagai blogger newbie atau pemula, saya sering melakukan kesalahan. Kesalahan pertama saya adalah tidak bisanya mengedit html template dan sering membuat blog saya sendiri hancur berantakan dari segi penataannya. Misalnya ketika mau memasukkan widget seperti jam di blog tapi ternyata ukurannya kebesaran, jadi saya biarin begitu saja tanpa mengeditnya. Hasilnya blog jadi terlihat tidak rapi. 

Belum lagi ketika judul blog saya dan gambar header berbenturan dan tidak menyatu, blog saya semakin terlihat acak-acakkan. Jika saya sudah merasa tidak bisa memperbaikinya, sayapun meninggalkan blog tersebut dan membuat blog baru. Sudah beberapa blog yang saya buang percuma hanya karena percobaan template yang gagal. Namun karena kesalahan saya yang berulang kali, sekarang saya sudah bisa belajar dari pengalaman dan berhasil mendesign blog dengan rapi walau belum terlihat sempurna. Hasil kerja keras itu saya peroleh dari belajar otodidak seorang diri dengan membaca blog-blog para master blogger. Terima kasih untuk semua para master blogger atas semua ilmunya. ^^

Ada juga kesalahan fatal saya yaitu tidak menghargai hasil karya orang lain. Kebanyakan postingan yang saya buat mengopi kata-kata / berita dari blog lain kemudian saya campur menjadi satu tanpa mengeditnya sekalipun. Bahkan ketara banget saya ngopinya, terkadang masih ada dpuf http nama web di belakangnya. Haha. Selain itu hasil tulisan yang di copy paste juga terlihat mencolok karena ukuran huruf, warna huruf dan font kadang juga tidak sama. Waktu awalnya sih karena tidak bisa mengedit tulisan, jadi dibiarin gitu saja. Tampilan postingnya jadi terlihat jelek. 

Dari tampilan tersebut, akhirnya Intan punya inisiatif untuk mengedit tampilan hurufnya. Mulailah penelitian simbol-simbol yang ada di blogger saya. Kalau dilihat-lihat pengaturannya mudah karena simbolnya jua hampir sama seperti milik ms.word. Yang paling jenius lagi di blogger ternyata ada tanda remove formating. Jadi semua font yang gak karuan tadi bisa dihapus formatnya untuk diatur ulang. Mulai dari sini, saya sudah belajar dan semakin pintar untuk membuat tulisan bergaya dan teratur. Hehe. Paling enggak tulisan saya sudah tidak ketara jika itu hasil copyan dari blog orang lain.

Sampai suatu ketika saya mengetahui jika kebiasaan saya yang mencopy-paste tulisan dari seseorang adalah sebuah tindakan kriminal. Saya mendengar hal ini ketika saya membaca keluhan dari seseorang bahwa blognya kena hapus sama google dan blogger. Membaca itu saya menjadi ngeri dan tersadar bahwa copy paste tulisan orang lain sama saja dengan anda mencuri barang orang lain / mencuri hasil karyanya. Makanya tidak jarang para blogger yang mengadukan pencurian tersebut pada polisi dunia maya, agar blog yang ngopi tersebut bisa diberi hukuman yang sepantasnya. 

Mulai saat itu saya memutuskan untuk menulis sendiri artikel saya. Walaupun awalnya berat karena saya basicnya bukan penulis. Jadi maklum kalau tulisan saya ini tidak enak dibaca. hehe. Jadi penulis di blog sepertinya juga perlu ilmu. Pertama, yang harus diperhatikan adalah cara menulis artikel yang berkualitas seperti isi dari artikel itu, unik atau tidaknya sebuah artikel, dan cara penulisannya yang mudah dimengerti.  Kedua, pakai bahasa anda sendiri supaya menulis juga lancar dan tidak membosankan seperti kita menulis diary. Ketiga, usahakan untuk menulis dari blog dan jangan langsung cepat dipublish. Jika anda sudah melakukan semua itu, insya Allah artikel anda masuk artikel favorit Google. 

Dulu saya pernah melakukan sebuah trick dan ternyata malah membuat website saya hilang dari muka bumi ini. Awalnya saya hanya ingin menghemat koneksi sehingga saya bisa menghemat pengeluaran internet, tapi malah menjadi masalah yang tidak diharapkan. Waktu itu saya menulis postingan sebanyak-banyaknya di Ms.word sehingga nanti jika sudah terkumpul cukup banyak, saya hanya tinggal copy paste tulisan saya yang di word ke blog. Jadi dalam beberapa detik saja bisa diterbitkan. Ketika mempraktekkannya dalam 2 hari saja, blog saya hilang entah kemana. Ternyata ada pemberitahuan melalui email bahwa blog saya telah dihapus oleh Blogger karena terdeteksi pelanggaran SPAM. 

Kalau yang dihapus blogspot sih tidak masalah, masalahnya yang dihapus itu adalah website saya yang baru saja saya ubah nama menjadi domain .com. Nama domain hangus termasuk uang saya 200ribu untuk beli nama domain tersebut. Kalau dipikir-pikir kesalahan saya diatas adalah terlalu cepatnya saya mempublish post sehingga terlihat seperti pengetikan otomatis yang dilakukan oleh robot. Pantas saja dianggap Spam. Maka dari itu lebih amannya mengetiklah di blog sendiri jangan pakai cara neko-neko seperti saya. Haha. 

Rasanya Jadi Blogger
Jadi blogger itu gampang-gampang susah dan enak-enak gak. Haha. tergantung keadaan sih. Dulu saya memang menjadikan kegiatan ngeblog hanya sekedar hobi dan melatih tulisan saya. Namun karena melihat teman yang bisa berpenghasilan puluhan juta per bulannya, akhirnya saya juga ikut-ikutan mencoba ngeblog untuk mendapatkan penghasilan. 

Beberapa bulan pertama saya mencoba mendaftarkan blog saya ke google adsense tapi ditolak melulu. Akhirnya saya memberanikan diri ikut jasa pembuatan google adsense. Saya maunya dapat daftar akun GA yang full approve atau non hosted tapi saya kena tipu sama penjualnya. Yang saya dapatkan hanya akun GA hosted yang dia dapatkan dari youtube. Padahal saya sudah menyiapkan website yang berdomain .com. Kata penjualnya sih bisa dipasang disana asalkan pakai bantuan dfp publisher. Benar memang bisa, itu duluuuuuu!


Semenjak saya memasang iklan di blog saya, ternyata penghasilan belum memuaskan. Penghasilan per hari awalnya cuma 0,01 dan gak sampai beberapa dollar. Walaupun begitu saya tidak menyerah dan terus menulis setiap hari dan akhirnya hari itupun datang juga. Hari dimana saya bisa payout. Haha. Walaupun hasil pertama saya tidak seberapa, tapi saya merasa sangat senang bisa dapat penghasilan juga dari blog saya. Lumayang uang tersebut bisa saya berikan pada orang tua, adik saya dan buat saya belanja kebutuhan sehari-hari.

Penghasilan tersebut awalnya hanya 2 bulan sekali payout tapi setelah saya membuat website lagi yang bertemakan download-download drama akhirnya 1 bulan kemudian bisa lancar payoutnya, sayang website download ternyata dilarang sama adsense, sehingga iklan saya tidak bisa ditayangkan lagi di web download. Website saya kembali 1 saja yang menghasilkan. 

Beberapa bulan sudah pernah merasakan nikmatnya penghasilan adsense, namun hanya karena satu kebodohan lagi yang saya perbuat, iklan saya hilang. Hanya gara-gara ganti template dan mencopot kode adsense sementara. Ternyata template yang sudah saya ubah dan kode adsense saya pasang kembali, iklan tidak bisa tayang. Sepertinya hal ini dikarenakan dfp versi terbaru sudah tidak bisa lagi menampilkan iklan di domain LTD. Sampai saat ini saya masih berjuang untuk mendapatkanya lagi dengan uprade akun adsense saya.

Rasanya jadi seorang blogger itu enak, menyenangkan dan terkadang juga membosankan. Enak karena pekerjaan kita tidak ribet, hanya menulis dan terus menulis. Menyenangkan jika hasil jerih payah kita berhasil dan pengunjung juga banyak menimbulkan kesenangan yang tersendiri. Membosankan jadi blogger karena kita bekerja hanya di rumah dan berbekal koneksi internet. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mencari hotspot di lain tempat sambil menyegarkan diri di suasana yang berbeda. Jangan lupa juga blogger terkadang dipandang sebagai pekerjaan negatif. Pekerjaan yang hanya dilakukan oleh seorang pengangguran. Pandangan itu hanya bisa kita tepis dengan membuktikannya kepada mereka bahwa blogger juga pekerjaan yang bagus dan bisa membuat kita mapan. 

Semangat ya buat para blogger!!

0 comments

Posting Komentar